Tuesday, March 3, 2009

Pilih Bayu Satya No. Urut 3

Pilih Bayu Satya No Urut 3 dari Partai Kambing Hitam.

Pemilu legislatif yang direncanakan akan dilangsungkan pada bulan April 2009 semakin dekat. Dan yang mencolok perhatian saya beberapa waktu terakhir ini adalah banyaknya spanduk serta tempelan2 di sepanjang jalan berupa iklan dan ajakan untuk "mencontreng" seseroang sebagai wakil kita di jajaran legislatif.

Pertama-tama saya tidak aware sampai suatu saat terpikirkan bahwa kok aneh sekali ya...kita cuma dikasih info pilih bayu satya no urut 3 dari partai kambing congek. So whats gitu loh....kita mengamankan suara kita demi perubahan dengan cara yg menurut saya amat sangat sederhana. Emang siapa bayu???

Harusnya para anggota dewan itu adalah orang2 yang memang sudah kenyang dan terjun dalam dunia politik atau paling tidak kiprahnya sudah diketahui sejak awal bahkan jauh sebelum pemilu, bukan hanya baru mau pemilu baru iklan gencar.

Menurut saya utk pemilu bukan mencontreng nama pribadi tapi nama partai. Kenapa???
1. Kebayang gak sih klu ada 50 partai terus tiap partai ada 10 calon maka dalam kertas suara 500 nama calon kan...buanyak nek!!!
2. Dengan 500 pilihan tersebut apakah kita bisa milih dengan benar??? Asumsi saya sih utk masyarakat menegah bawah yg ikut pemilu paling dia mencontreng nama org terkenal atau let's say artis2 lah atau bahkan asal contreng aja toh secara harus melihat 500 nama.
3. Misalkan ada calon yg kampanye seperti saya...pilih bayu satya no urut 3. Hmm apakah org akan aware utk milih pas di bilik suara secara nama banyak, dan saya belum tau apakah foto saya mejeng atau cuma tulisan? Negara kita mungkin 90% sudah melek aksara tapi apa utk org2 yg sudah uzur betah untuk ngurutin nama saya dan mencontreng saya.

Jadi menurut saya sih lebih banyak repotnya dan gak sampai sasaran dalam pemilihan anggota melalui cara seperti ini.

Bukannya lebih fokus klu kita memilih 1 diantara 50 partai daripada harus memilih 1 diantara 500 nama???

Kayaknya saya milih pas pemilihan presiden aja lah...paling gak bisa milih yang terbaik diantara pilihan yang jelek...dan karena kandidat capres paling hanya 3 atau mungkin paling banyak 5 jadi bisa dipikirkan dengan matang diantara 5 itu mana yg terbaik.

Bagaimana dengan anda???

No comments:

Post a Comment