Thursday, February 12, 2009

Mahalnya Memori Laptop (Tua)

Jakarta, 12 Februari 2009

Hari ini pas jam istirahat makan siang, pergi ke Ratu Plaza. Rencana mau upgrade memori laptop Compaq Evo N610c yang berhasil “diidupkan” kembali oleh teman ku yang kerja di Altelindo. Tadinya laptop ini lelet buanget loadingnya,akhirnya ama Edi di format ulang windows nya karena menurutnya udah kebanyakan program di install dan memang windowsnya ada yang error.

Kelar di install ulang sih lumayan, jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya tapi ttp agak lemot compare than laptop ku yg NEC Versa. Pas dicek ternyata memorinya cuma 256. Makanya dengan semangat 45 ke Ratu Plaza, berencana mo upgrade ke 1 giga. Info dari Edi sih katanya sih cuma 200 ribu tapi ternyata Evo N610c masih menganut memori DDR1 (btw gak tau tuh DDR1 DDR2 apaan). Dan yang menyebalkan ada salah satu toko di lantai 4 (namanya disamarkan aja ya…gak enak)…busyet deh katanya teknisi komputer tapi nyari tempat memori di laptop aja semua mur di laptop dibongkarin……walah2…panik nih ntar bukan laptop tambah kenceng tapi malah mati total….btw pernah punya pengalaman nih waktu benerin HP SE gw di SCBD….dari tadi yg bisa idup eh balik2 mati total.

Ok balik ke memori laptog ….eh pas ditanya 1 giga memori laptop DDR1 ternyata Rp 890 ribu…wow jauh dari bayangan dan pas di compare ama memori 1 giga DDR2 ternyata cuma Rp 250 ribu doank. Hmm…daripada upgrade memori laptop Evo dari 256 jadi 1 giga tapi keluar Rp 890 ribu mending upgrade memori NEC Versa dari 1 giga jadi 2 giga dengan modal cuma Rp 250 ribu.

Mulai dari mahalnya memori laptop (tua) akhirnya jadi inget beberapa hal yang terjadi belakangan ini :
1. Pajak mobil.
Di rumah mertua ada mobil kijang grand extra nganggur, karena yang lain udah ada mobil baru dan yg ini nganggur maka dilimpahkan ke aku. Btw tahun 2006 bayar pajak cuma +/- Rp 400 ribuan eh pas bayar pajak tahun 2007 naik jadi Rp 700 ribuan eh pas perpanjang desember 2009 kemarin jadi Rp 950 ribu. Jadi makin tua mobil makin mahal tuh pajaknya.
2. Asuransi mobil.
Bulan ini asuransi mobil gw di Garda Oto jatuh tempo. Dan dengan pelayanannya yang bagus dia kasih surat pemberitahuan jatuh tempo dan premi yang harus dibayar….busyet kok naikjadi Rp 4,2 juta. Jadi inget ada rekanan asuransi dari kantor ya udah tlp Mbak Evi dari Asuransi AXA (btw ada yg punya pengalaman dengan Asuransi AXA gak???)…ya udah minta gambaran preminya untuk mobil Avanza tahun 2005. Makin bikin syok karena dasar perhitungan premi mereka punya daftar harga mobil….dan Avanza 2005 dihargai sebesar Rp 120 juta…padahal dulu belinya Rp 99 juta tapi ttp lebih murah preminya karena gak memperhitungan biaya marketingnya…jadi dapat penawaran Rp 2,2 juta. Lumayan di jaman sulit ini menghemat Rp 2 juta…ayo siapa yg mo asuransi mobil lebih terjangkau….promosi,
3. Harga mobil bekas.
Untuk kasus mobil bekas, agak aneh juga fenomenanya. Lazimnya yg dulu2 makin tua mobilnya harga setiap tahun akan menurun tapi skrg kayaknya anomali…ya seperti kasus Avanza diatas. Juga contoh waktu kakak ipar jual Aveo 2003 pada tahun 2007 kemarin. Berdasarkan harga rata-rata di majalah autobild harga Aveo 2003 pada tahun 2007 itu berkisar antara Rp 65 juta sd Rp 70 juta dan mobil itu laku di Rp 68 juta. Tapi coba perhatikan harga referensi di autobild pada tahun 2009 ini disebutkan harga Aveo 2003 berkisar Rp 70 juta sd R0 75 juta.

Jadi ini membuktikan bahwa nilai rupiah kita makin lama makin tergerus oleh inflasi nih….ayo2 ada ide usaha sampingan gak….klu dari gaji yang relatif tetap makin tahun kayaknya makin miskin aja nih.

No comments:

Post a Comment